Skip to main content

Posts

Showing posts from January 27, 2008

ROMANTISNYA ART ROCK A LA DEWA

Di jaman kegemilangan musik rock dan heavy metal tahun 1990-an, tersembullah sebuah band beraliran lembut yang cepet banget narik simpati sebagian kecil anak metal, untuk dateng ke konser dan ngoleksi album mereka. band apakah itu ? gua jawab : dewa 19. band itulah yang bikin gue yang fanatican rock dateng ke saparua buat nyaksiin konser mereka, selepas melepas album keduanya : Format Masa Depan. gue pergi sembunyi-sembunyi nonton bareng rico dan mega, temen-temen gaul gue, tanpa pemberitahuan ke temen-temen band atau temen-temen lainnya yang biasanya barengan nonton konser musik. maklumlah, gue takut dicap anak top fourty, gak metal lagi, ama kurawa-kurawa pecandu mossing en headbanger itu. alkisah, maka cabutlah gue bareng rico, shredder yang tiba-tiba doyan lagu mellow pasca Dewa ngerilis album kesatu, juga ama Mega, cewek tomboy yang ngakunya fans berat Power Metal dan lengkingan vokal Arul Effansyah yang konon 4 oktaf itu.

Di konser yang berlangsung di kandang buaya rock dan biang…

TRASH METAL UNTUK MILLENIUM BARU

Ada saat-saat ketika gue pengen banget punya band trash metal di masa lalu. Yang memotivasi gue adalah kegaharan sebuah band trash metal, yang jauh dari influence kekemayu-kemayuan. Musik dan attitude band trash itu simpel dan cowok banget.

Hidangan trash metal bener-bener pas dan cocok nge-angetin perut, terutama kalo kuping ini berinteraksi dengan band-band trash metal bermutu macam : Megadeth, Bulldozer, Anthrax, Exodus, Napalm Death or Sepultura. Sori coy gue nggak masukin Metallica. Soalnya gue masih kesel ama perubahan konsep mereka pasca album Black. Album-album Metallica hanya menyajikan sekadar aroma hollywood, terlalu kompromistis dan komersil, tapi memupuskan harapan banyak fans fanatiknya seperti gue.

Sempet juga mikir, gimana seandainya part-part trash metal itu dikawinin ama kecepatan a la shredder. Sedikit terlepas dari dominasi nge-dep dalam permainan gitarnya, terutama di bagian riff atau interlude. Wah, gak kebayang kalo kegaharan Megadeth, Bulldozer, dan reng-rengan…