Skip to main content

Posts

Showing posts from February 17, 2008

SEMANGAT ROCK RITCHIE BLACKMORE

Dalam kumpulan cerpen penulis yang gue gemari, Seno Gumira Ajidarma, yang punya judul Kematian Donny Osmond, ada satu cerpen yang dikasih judul unik : Ritchie Blackmore. Cerpen ini menceritakan kiprah seorang pengamen jalanan, yang fanatik berat ama Ritchie Blackmore, gitaris pertama Deep Purple dan pendiri grup hard-rock legendaris, Rainbow. Sang pengamen mencari nafkah dari memainkan nomor-nomor Ritchie Blackmore, semasa salah seorang penggubah riff dan penulis komposisi rock legendaris ini bergabung dengan grup-grup superpower yang disebut sebelumnya. Lain ama para koleganya di jalanan, yang rata-rata memainkan musik dangdut atau lirik protes Iwan Fals, sang pengamen meneriakkan Child In Time, Smoke On The Water, Stormbringer, Man On The Silver Mountain, Long Live Rock N Roll, dan lain sebagainya, di pasar-pasar atau tempat dimana ia biasa mangkal. Gila kalo ada pengamen kayak gini. Nyentrik banget kayaknya.

Dari kota ke kota, sang pengamen mencari nafkah dari memainkan nomer-nomer…

BONHAM : THUNDER OF THE DRUM

Bonham Yang Istimewa
Suatu sore di awal Februari yang dingin, dengan kopi, coca-cola, milo, marlboro, djarum coklat, roti jieseng, plus mantouw rebus, kami mencoba menghangatkan diri. Ya, gue, bareng dua tetangga, Oom Alex dan Bang Arif, mencoba mengusir kebekuan suasana kota, yang kelewat lembab sejak pagi hari. Busyet emang, suhu dingin yang bikin sebagian besar warga komplek ber-ingus,belum juga mencapai titik hangat walaupun udah ngelewatin bulan Desember.
Tu sore emang gak perlu waktu sampe berjam-jam ternyata, untuk mengusir dingin dan bekunya suasana dan badan gue. Ngalor-ngidul ngobrolin musik, ujung-ujungnya malah jadi obrolan hangat. Tadinya cuman ngobrol ringan soal siapa-siapa instrumentalis terbaik, dalam grup rock mulai taun 1970-an sampe jaman sekarang. Pas ngebahas John Bonham, drummer Led Zeppelin, obrolan kita malah tambah panjang, hangat, dan menurut gue : cukup menarik.
Oom Alex jelas umurnya cuman beda beberapa taun dari bokap gue. Sebagai eksponen 70-an, Oom Alex…

SOUNDTRACK D BIJIS MIRIP LAGU KISS ?

Hari-hari ini, saya lagi sentimen ama Bongky BIP. Sebagai seorang rocker kawakan, senior dan terhormat, gak seharusnya Bongky ngebiarin salah satu materi soundtrack D Bijis yang dia garap, pada bagian reff-nya kok ya mirip lagunya KISS : God Gave Rock N Roll To You II. Saya pernah agak sentimen ama Dewa waktu denger kemiripan intro drum Immigrant Song (Led Zeppelin) di intro lagu Pangeran Cinta, sebel berat ama lagu My Heart Melly Goeslaw yang punya kemiripan banyak ama lagu Ai Shang Yi Ge Bu-nya Sandy Lam, and now, giliran sentimen Bongky BIP nih yang gak tahu sengaja-gak sengaja, meloloskan reff lagu Tuhan Kirim Kamu yang dinyanyiin ama Aby, yang mana langgam reff-nya mirip abis ama reff lagunya KISS, God Gave Rock N Roll To You II. Reff yang saya maksud dibagian lirik ini nih :

Tuhan kirim kau ke sini
untuk kucintai
untuk menemani hidupku

Tuhan beri kau untukku
bintang yg kucari
Yang tlah hilang oleh waktu

(Tuhan Kirim Kamu, dinyanyiin ama Aby)

Abis denger lagu itu, coba denger Go…