Skip to main content

Posts

Showing posts from November 8, 2009

Ritchie Blackmore : Gitaris Terkeras Pada Masanya

Dalam kumpulan cerita pendek penulis favorit saya, Seno Gumira Ajidarma, yang diberi judul “Kematian Donny Osmond”, ada sebuah cerita pendek yang diberi judul unik : “Ritchie Blackmore”. Cerita pendek itu menceritakan kiprah seorang pengamen jalanan, penggemar fanatik Ritchie Blackmore, gitaris pertama Deep Purple dan pendiri grup hard rock legendaris, Rainbow. Sang pengamen yang tak jelas namanya itu mencari nafkah dari memainkan karya-karya Ritchie Blackmore, semasa salah seorang gitaris terkeras dan penulis komposisi rock legendaris ini bergabung dengan supergroup yang disebut sebelumnya. Berbeda dengan para koleganya di jalanan, yang rata-rata memainkan musik dangdut atau lirik protes penyanyi balada Indonesia,Iwan Fals, sang pengamen meneriakkan “Child In Time”, “Smoke On The Water”, “Stormbringer”, “Man On The Silver Mountain”, “Long Live Rock N Roll” dan karya-karya Blackmore lainnya, di pasar-pasar atau tempat-tempat dimana ia biasa mencari nafkah.

Dari kota ke kota, sang pen…

SHREDDER PERTAMA DIMUKA BUMI

Saat King Of Pop, Michael Jackson, menemui ajalnya pada 25 Juni 2009, saya terkenang waktu kerap menyimak lagunya, “Beat It”, yang jadi top request di radio-radio terkemuka kota Bandung sekitar tahun 1983. Sesuai dengan judulnya, lagu itu memang betul-betul nge-beat dan enak didengarkan, terutama dikala senggang pada minggu pagi. Yang saya paling suka dari lagu itu, bahkan melebihi kesukaan saya pada lengkingan vokal Michael Jackson adalah, permainan solo guitar pada bagian pertengahan lagu. Solo guitar yang melengking-lengking dan penuh eksplorasi sound dalam lagu tersebut, adalah solo guitar pertama yang membuat saya berdecak dan berbisik,”Wah, jago sekali yang maen gitarnya !”

Kira-kira setahun kemudian (1984), setelah peringkat “Beat It” mulai turun di top request radio-radio kota Bandung, tembang “Jump” dari Van Halen merangkak naik ke urutan teratas di berbagai chart radio. Intro keyboard di lagu yang termuat di album 1984, album ke 6 kelompok asal Pasadena, California, Amerika…