Skip to main content

Posts

Showing posts from September 23, 2012

CYNOMADEUS : ELECTRIC ROCK ORCHESTRA A LA INDONESIA

saya masih duduk disekolah menengah atas, waktu melihat poster kelompok yang menamakan dirinya, CYNOMADEUS ini. saya melihat poster itu ditempel di toko kaset yang saya lupa namanya, dikawasan Pasar Jamika Jalan Jenderal Sudirman Bandung. di poster tersebut yang saya kenal hanya Eet Sjahranie, gitaris yang pertama kali saya lihat dan kagumi aksinya, waktu dia memainkan riff di komposisi Fariz RM yang berjudul "Pandangan Pertama." keren banget riff di lagu itu, yang kemudian membawa saya terus tertarik menyimak riff-riff Eet yang modern seperti dalam lagu : Arena (Ekky Lamoh), Maret 1989 (God Bless) dan Bis Kota (Ahmad Albar). riff-riff ini menurut saya, menandai lahirnya Dewa Gitar baru setelah Ian Antono, dalam khazanah rock Indonesia. dengan semangat menyimak permainan Eet Sjahranie berikutnyalah, saya membeli album CYNOMADEUS. melihat tongkrongan mereka dan nama grup mereka yang unik, saya berharap setidaknya ada sesuatu yang baru buat diapresiasi.

betul saja. mendengar…

GETAH self-titled album : MUSIK DARI ALAM GAIB

musik-musik pada tahun 90-an sarat dengan varian genre dan varian lirik. tidak seperti masa sekarang, yang kurang variatif dan gak begitu menarik disimak. diantara genre dan lirik yang variatif dipertengahan 90-an itu, terselip sebuah kelompok musik yang gak ada duanya di Indonesia, yang secara mengejutkan masuk major label dengan menawarkan komposisi yang betul-betul aneh bin ajaib. kelompok itu menamakan dirinya : GETAH. 
saya tertarik beli album pertama GETAH, selain karena namanya, juga karena sempat mencoba dengar salah satu komposisi awal di album pertama mereka, yaitu : Shy Princess. musik band ini lain, dan sukar ditelusuri pancakakinya diantara berjubel-jubel rekaman rock Indonesia. seolah-olah, musik mereka ditulis dan dimainkan oleh siluman-siluman atau mahluk gaib yang kebetulan mahir memainkan musik rock.
pasca beli kaset, semalaman saya mendengar sampai habis lagu demi lagu yang dimainkan oleh para musisi yang keliatannya sering bergaul dengan berbagai jenis dedemit ini…