Skip to main content

Posts

Showing posts from June 16, 2013

EUROPE : INILAH HARD ROCK GARDA DEPAN

Rekaman rock yang paling saya tunggu-tunggu rilisnya tahun depan adalah album terbaru Europe. Sanctuary Records konon melalui press release-nya tahun 2007 bilang, album terbaru Europe bakal rilis tahun 2009. Di pertengahan 2008 ini, saya mengira-ngira, bakal seperti apa album Europe termutakhir itu nantinya. Terus terang, saya menunggu-nunggu album terbaru Europe setelah gak sengaja beli dua album terakhir mereka berturut-turut. Yang pertama, album studio ke-6, Start From The Dark, dan yang kedua, album studio mereka yang ke-7, Secret Society. Tadinya, saya beli Start From The Dark, karena surprise aja ketika tahu bahwa Europe masih bikin album. Lebih surprise lagi, waktu ngebaca line-up mereka di album ini, yang sama dengan line-up di album epical mereka, The Final Countdown (Joey Tempest-vokal, John Norum-gitar, John Leven-bass, Mic Michaeli-kibord, Ian Haughland-drum). Cuma, penampilan atau tongkrongan para rocker asal Uppland Vasby, Swedia, ini udah lain sama sekali dengan penam…

ALLAH BLESS GITO ROLLIES

Alkisah, suatu sore, gue pulang sekolah bareng bokap, dijemput pake mazda kotak. Dalam perjalanan, seorang pengendara motor edan, menyalip mobil yang kami tumpangi dari sebelah kiri. Gila, gue yang waktu itu masih es-de, kontan kaget dan berteriak, mengingat mobil bokap nyaris menghantam pantat motor yang berpacu ugal-ugalan itu. Bokap, yang biasanya alim dan pendiam, pertamakalinya menghamburkan nama salah satu hewan, yang lazim diteriakkan disaat-saat manusia dihinggapi marah.

Seredanya bokap dari kemarahan, beliau bergumam, ”Emang Gito Rollies...” Gue mengernyitkan dahi,”Emang kenapa Gito...Pak ?” Singkat kata, bokap gue langsung menceritakan sebuah peristiwa heboh, dimasa-masa bokap muda dulu. Suatu peristiwa yang juga sohor ke seantero kota Bandung, tentang seorang pengendara motor yang ugal-ugalan pulang pergi Bandung-Lembang bertelanjang bulat. Nama pengendara motor itu adalah : Bangun Sugito, yang kemudian populer sebagai : Gito Rollies, salah seorang ikon musik rock dan pelop…

TRASH METAL RASA MILLENIUM

Ada saat-saat ketika gue pengen banget punya band trash metal di masa lalu. Yang memotivasi gue adalah kegaharan sebuah band trash metal, yang jauh dari influence kekemayu-kemayuan. Musik dan attitude band trash itu simpel dan cowok banget. Hidangan trash metal bener-bener pas dan cocok nge-angetin perut, terutama kalo kuping ini berinteraksi dengan band-band trash metal bermutu macam : Megadeth, Bulldozer, Anthrax, Exodus, Napalm Death or Sepultura. Sori coy gue nggak masukin Metallica. Soalnya gue masih kesel ama perubahan konsep mereka pasca album Black. Album-album Metallica hanya menyajikan sekadar aroma hollywood, terlalu kompromistis dan komersil, tapi memupuskan harapan banyak fans fanatiknya seperti gue.

Sempet juga mikir, gimana seandainya part-part trash metal itu dikawinin ama kecepatan a la shredder. Sedikit terlepas dari dominasi nge-dep dalam permainan gitarnya, terutama di bagian riff atau interlude. Wah, gak kebayang kalo kegaharan Megadeth, Bulldozer, dan reng-reng…