Thursday, February 26, 2015

ETHIOPIA : IAN ANTONO SEORANG ARRANGER BERWAWASAN LUAS


pengalaman apresiasi karya Ian Antono bag.3

Lagi2 dari Radio Mara Bandung saya mendengarkan hits Iwan Fals berjudul Ethiopia. Dan lagi2 usai mendengar lagu yang asyik saya akan berkunjung ke toko kaset untuk membelinya.
Setelah kaset dibeli, saya dengar sambil membolakbalik cover. Eh, tertulis disitu nama Ian Antono sbg.aranger khusus lagu Ethiopia (yg lain aransemen oleh Willy Soemantri).
Saya, sebagaimana diceritakan sebelumnya, sudah terpikat dgn.aransemen beliau di lagu Grace Simon dan teknik hammer-on beliau di lagu Chrisye, tambah exciting saja waktu mengetahui aransemen Ethiopia dikerjakan Ian Antono. Bgmna tdk, lagu itu dibuka dengan beat dub a la musik afro, dgn.seni vokal a la suku2 Abesinia,ditingkahi suara hewan yg kelaparan. Tone kibord yg dipilih menambah keunikan dan suasana lagu tsb.
Setelah byk menyimak musik dikemudian hari, mafhumlah saya bahwa apa yg dilakukan Ian Antono dlm lagu Ethiopia adlh indikator bhw beliau seorg. Aranger yg berwawasan luas. Mengingat beliau tidak mengenyam pendidikan musik scr formal, adalah sesuatu yg.jenius menggabungkan koor a la abesinia, tone kibord a la Black Moonnya ELP, dan koor Gospel a la gereja2 di Georgia, Amerika sana. Belum cukup itu semua, ada lagi ide kreatif beliau dlm aransemen, ketika menjelang closing lagu koor gospel a la gereja afro-amerika itu digunakan sbg.latar musik Iwan Fals bersajak.
Keberhasilan Ian Antono meleburkan musik dari berbagai genre dlm Ethiopia inilah, yg membuat saya kemudian merindukan karya2 aransemen beliau sampai saat ini.

berikut lagu Ethiopia dari Iwan Fals dengan aransemen Ian Antono : Iwan Fals-Ethiopia

No comments: